8 Layanan Terbaik Untuk Mengirimkan File Berukuran Besar Secara Online


Bagi kamu yang ingin mengirimkan file berukuran besar dengan seseorang melalui jaringan internet, untuk saat ini terdapat beberapa cara yang biasa dilakukan. Cara pertama yang biasa dilakukan oleh banyak orang adalah melalui email attachment. Namun, jika ukuran file tersebut terlalu besar untuk email attachment kamu dapat mengirimkan file tersebut melalui layanan hosting dan berbagi melalui link yang dikirim kepada si penerima.

Layanan web email seperti Gmail dan Outlook memungkinkan pengguna mengirimkan file hingga 25MB. Untuk ukuran file yang lebih besar kamu dapat menggunakan fasilitas file-splitting seperti HJ-Split yang akan memecah file berukuran besar ke dalam ukuran masing-masing 25MB dan kamu juga dapat mengirimnya dalam pesan email yang terpisah. Penerima dapat men-download dan mengabungkan pecahan-pecahan file ke dalam bentuk aslinya.

Selain melalui email attachment, cara kedua adalah mengirim file tersebut dengan menggunakan online storage service seperti Dropbox, Google Drive atau OneDrive untuk mengirimkan file berukuran yang sangat besar. Microsoft OneDrive memungkinkan penggunanya untuk meng-upload satu file hingga 10GB,

sedangkan pada layanan Google Drive batasan file adalah sebesar 5TB (bukan file dalam bentuk Google Docs, Sheets, atau Slides). Jika ukuran file size yang lebih besar lagi, kamu dapat menggunakan Dropbox. Layanan ini tidak memiliki batasan ukuran jika kamu meng-upload file melalui aplikasi desktop.

Alternatif lainnya adalah menggunakan layanan WeTransfer. Aplikasi freemium berbasis web ini memungkinkan pengguna untuk mengirim file berukuran hingga 2GB melalui browser. Kamu tidak harus mendaftar saat menggunakan layanan ini. Aplikasi hanya meminta alamat email penerima. File yang di-upload akan tetap tersimpan di dalam server selama 7 hari.

Semua pilihan aplikasi yang telah dibahas tadi semuanya memiliki satu kesamaan yaitu, pengguna harus meng-upload file ke internet sebelum seseorang dapat men-download file tersebut. Jika kamu ingin mengirimkan file secara langsung kepada seseorang tanpa harus meng-uploadnya terlebih dahulu,

JustBeamIt adalah pilihan yang terbaik. Ini adalah aplikasi peer-to-peer, yang berarti transfer file terjadi antara komputer dan komputer penerima secara langsung. Kamu tinggal melakukan drag and drop file ke situs JustBeamIt dan aplikasi akan membuat link untuk dibagikan. Ketika seseorang meng-klik link ini, file tersebut akan mulai men-download langsung dari komputer.

Aplikasi Infinit adalah aplikasi yang juga layak untuk dicoba, aplikasi ini juga menggunakan metode peer-to-peer file transfer dan memungkinkan kamu untuk mengirim file secara virtual tanpa batasan ukuran file size kepada siapa pun. Menggunakan aplikasi ini pun cukup mudah, cukup dengan cara drag and drop ke aplikasi Infinit, memilih penerima dari kontak dan transfer akan segera dimulai setelah aplikasi menerima input permintaan file.

Infinit tersedia untuk Mac dan Windows dan mungkin adalah cara termudah untuk mengirim file berukuran besar atau kecil. Infinit juga mendukung download resumeable yang artinya jika koneksi internet tiba-tiba terputus pada saat proses file transfer, tidak perlu mengulang dari awal.

Aplikasi akan menyimpannya dan meneruskan pada saat koneksi tersambung lagi. JIka kamu mengirim file ke komputer lain pada jaringan yang sama, Infinit akan menggunakan jaringan lokal dan dengan demikian proses transfer file akan lebih cepat. Dengan demikian, pengirim dan penerima harus menginstall aplikasi Infinit untuk dapat menggunakan peer-to-peer transfer.

Selain itu aplikasi seperti Skype juga dapat digunakan untuk mengirimkan dokumen, foto, video dan file besar lainnya dengan format apapun kepada kontak Skype kamu. Yang perlu dilakukan cukup dengan memulai sesi chat atau panggilan audio/video dengan kontak dan pilih opsi Send File untuk melakukan transfer. Layanan Skype tidak membatasi ukuran file atau jumlah file yang dapat dikirim. Karena menggunakan sistem peer-to-peer, file yang dikirim tidak melalui server yang terpusat dalam proses pengiriman file.

Posting Komentar

- Gunakan kata-kata yang baik, sopan dan santun
- Komentar yang berbau SARA, Pornografi, Pelecehan dan Kekerasan dilarang keras
- Dilarang Anonymous dan SPAM! Berkomentarlah yang berkualitas

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget